5 Tips Hidup Sehat Ala Saya

Tips hidup sehat ala saya tuh sebenarnya gampang banget loh mudah dilakukan siapa saja namun beberapa orang sulit sekali untuk melakukannya. Padahal hidup sehat dampaknya sangat besar untuk tubuh dan kesehatan kita sendiri dalam jangka panjang. Apa sih tips hidup sehat ala saya.



1. Minum air putih.
Minum air putih sangat naik sekali untuk tubuh. Minimal sehari 8 gelas kalau bisa lebih dari 8 gelas. Banyak dampak yang akan dihasilkan setelah minum air putih, pastinya dahaga akan hilang, tidak akan dehidrasi, badan tambah segar, BAB lancar, dan pastinya buang air kecilpun menjadi lebih sering. Saya pribadi setelah minum banyak air putih seneng banget kalau sering keluar masuk kamar mandi, pasalnya toxin dalam tubuh terasa keluar semua. Jadi sedikit plong dan nyaman. Badan sedikit enteng dan segar.



2. Olahraga.
Olahraga ini harus saya lakukan setiap hari walaupun hanya sekedar jalan cepat tapi dampaknya ke tubuh saya begitu terasa. Pegel-pegel hilang hanya dengan melakukan jalan cepat dipagi hari. Sambil menggerakkan kedua tangan, kebawah kesamping untuk dilemesin. Selain itu saya melakukan lari jika kondisi bener-bener git, lompat tali dan zumba. Efeknya memang bener-bener bikin badan enteng dan nyaman. Tapi hati-hati buat yang jarang olahraga kemudian melakukan gerakan yang terlalu lama dan berat. Kadang akan terjadi kram dan badan sakit semua. Lakukan olahraga sederhana dulu untuk pemula dan ditingkatkan sedikit demi sedikit setiap hari. Nanti akan terbiasa dan badan pun beradaptasi dengan gerakan-gerakan yang kita lakukan.


3. Konsumsi sayuran
Penting banget ya, biasanya saya konsumsi sayuran mentah dengan cara dilalap. Sambel lalapan asyik sekali dengan sayuran timun, tomat, kemangi, dan kol. Saya konsumsi sayuran mentah tersebut dengan cocolan sambel agar lebih nikmat jika bener-bener eneg dengan sayuran yang direbus. Intinya konsumsi sayur harus diperbanyak karena memang sangat penting untuk tubuh. Kadang bikin sayur bayam, oseng-oseng kangkung, sop, oseng-oseng sawi. Brokoli dan wortel rebus dan dibuat camilan sambil nonton TV. Bukan berarti saya nggak makan junk food, nasi, dan mie namun konsumsi sayur harus setiap hari dan selalu diusahakan lebih banyak.



4. Konsumsi buah
Sama seperti sayur, konsumsi buah ini penting banget bagi saya. Biasanya buah yang menjadi favorit adalah apel namun buah-buah yang lain favorit juga. Apel Malang yang agak kecut saya suka banget dan selalu membelinya di abang buah. Pengen banget ke wisata petik buah di kawasan Batu untuk petik buah apel suka-suka. Nggak hanya apel yang selalu ada di kulkas, biasanya ada jeruk, pir, semangka, pepaya, dan melon. Semuanya akan menjadi camilan saya saat makan nasi tapi masih kurang. Mau nggak mau harus saya kenyangkan dengan buah agar nggak kebablasan makan nasi lebih dari satu piring.

5. Tidur tepat waktu.
Wajib banget, jangan sampai begadang karena itu nggak baik bagi kesehatan. Selain itu efeknya bagi wajah juga nggak baik dan bikin jelek seperti mata panda, wajah nggak seger, dan tampak kurang fit. Saya membiasakan tidur sebelum pukul 9 malam dan paling malam jam 10 itupun kalau ada sesuatu yang nggak bisa ditinggalkan seperi ada tamu atau masih di jalan. Intinya tidur tepat waktu itu dampaknya besar bagi kesehatan tubuh kita, begitupun bangunnya harus tepat waktu. Jadi sebelum adzan Shubuh saya usahakan sudah bangun tidur.


Nah teman-teman itulah tips hidup sehat ala saya. Semoga tips hidup sehat ala saya ini bisa saya aplikasikan seterusnya. Memang hari ini dan besok masih semangat. Nggak tahu kalau tahun depan, kira-kira bisa semangat nggak ya. Semoga selalu semangat demi hidup yang lebih baik.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)