Yang Dilakukan Keluarga Kami Saat Liburan

Minggu pagi biasanya rutinitas harian keluarga saya adalah beberes rumah. Maklumlah, ada suami yang bisa membantu saya mengangkat beberapa barang yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Biasanya barang-barang itu saya letakkan diatas lemari agar menghemat space. Habis beberes rumah, biasanya saya memilih jalan-jalan bersama pak suami dan anak. Jalan-jalannya seperti biasa hanya seputaran Surabaya, kalau nggak ke taman pasti ke Mall. Atau cari tempat kulineran yang oke punya dengan segambreng pilihan makanan. Biasanya kalau makanannya oke dan recomended pasti deh tiap mau jajan pengen jajan ke tempat itu lagi.




Sebenarnya pilihan asyik saat liburan adalah kumpul di rumah bersama suami dan anak tercinta. Hal yang paling kami suka saat weekend dirumah adalah :

Nonton film. Biasanya kami nonton film kesukaan anak kami terlebih dahulu, baru deh kalau anak kami tidur aku dan suamiku nonton film keluarga yang agak romantis. Maklumlah, semenjak punya anak jarang banget nonton film di bioskop. Hahaha...mesakno ya.



Bikin kue. Biasanya kami membuat kue bersama dengan bahan dan cara yang mudah dibuat, entah kue basah atau kue kering. Seperti dadar gulung dan donat meses. Tapi paling sering bikin kue sama anak disaat si Ayah lagi kerja. 



Berkebun. Hal yang paling saya suka adalah uprek di kebun mini. Kebun mini yang memiliki luas 1x3 meter bisa saya sulap dengan berbagai macam tanaman dan pohon. Pohon Mangga, alpukat, akasia dan beberapa tanaman seperti kaktus, lidah mertua, dan rumput gajah. Rencananya mau saya tanam beberapa sayur seperti kangkung, tomat, dan cabe.



Membersihkan rumah. Nah... masalah ini sih sebenarnya yang bisa membuat rasa kekeluargaan semakin terasa. Di tengah sibuknya saya menyapu membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau (seperti bagian bawah tempat tidur, kasur, lemari, meja, dan kursi) ada suami yang siap berbagi tugas yaitu mengepel. Jadi pekerjaan cepat selesai.

Nggak hanya masalah menyapu dan ngepel, tugas rumah lainnya banyak sekali. Seperti bagian mencuci, jemur pakaian, dan menyetrika. Seperti biasa, suami selalu membantu saya. Kalau saya yang nyuci pasti suami yang akan menjemurnya. Adil kan... hahaha.

Oh ya... masalah cuci mencuci ini sebenarnya saya paling males untuk nyuci gorden. Biasanya kalau mau cuci gorden saya rendam dulu paling lama 30 menit baru deh dikucek, bilas, dan jemur. Untuk ganti gorden selalu menggantinya sebulan sekali. Kalau nggak gitu bakalan kotor dengan debu. Gorden yang saya suka adalah gorden warna gelap, seperti cokelat, abu-abu, tapi tidak suka hitam. 




Selain gorden, barang yang selalu rajin saya cuci adalah karpet lantai. Kalau dibiarkan pasti deh banyak debu yang nempel. Debu-debu itu menyebabkan saya batuk, alergi debu sih masalahnya keluarga kami. Jadi emang harus rajin bersih-bersih rumah dan barang-barang yang biasanya mudah sekali debu menempel harus bener-bener dijaga kebersihannya.

Beberapa printilan rumah kebanyakan belanja melalui online shop. Selain mudah dan dapat membandingkan harga dengan penjual lainnya pun kadang macam barangnya bikin aku tertarik. Yang awalnya nggak ada planning buat beli, akhirnya terpaksa beli juga karena model yang oke ditambah harga yang terjangkau. Pasti deh kalap, namanya juga cewek.



Btw, saya masih ngincer gorden karakter Doraemon buat kamar anak. Soalnya si anak suka sekali dengan tokoh Doraemon ini.

Biasanya setelah bersih-bersih rumah barulah kami bisa bebas, bebas kemana aja. Mau keluar rumah oke-oke aja. Hal yang paling sering adalah ngemall, hal yang paling sering kedua adalah liburan ke daerah pegunungan/pantai, hal yang sering ketiga adalah staycation, dan terakhir kalau semuanya nggak dilakukan pasti kita pulang kampung.

Nah... kalau kalian sendiri ngapain aja kalau weekend? Jalan-jalan atau beberes rumah seperti saya? Btw, beberes rumah itu banyak sekali manfaatnya loh, selain bikin rumah kita bersih ternyata bisa bikin betah juga tinggal didalamnya. Setuju nggak?

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)