Resep Sayur Lodeh Nggak Pake Ribet

Assalamualaikum sahabat Dwipita...

Alhamdulillah puasa sudah masuk hari ke empat. Apakah stok sabar masih ada nih? Hehehe...
Memang bener, hal yang tak bisa saya lupakan salah satunya adalah buka bersama keluarga. Tetep keluarga yang menjadi prioritas bagi saya, karena merekalah tempat saya berkeluh kesah.



Ngomongin puasa kali ini mungkin saya tidak membuat menu berbuka puasa yang simpel dan enak seperti kemarin. Kali ini saya akan berbagi resep membuat sayur yang biasanya selalu saya hidangkan kepada keluarga. Suami dan anak saya suka sekali dengan sayur ini, sayur yang menurut saya banyak sekali lemaknya. Hahaha... yaitu sayur lodeh. Sayur lodeh yang semakin diangetin semakin enak apalagi sayur lodeh yang dicemplungi telor, tempe dan tahu.

Sayur lodeh yang saya ketahui ada 4 jenis, yaitu sayur lodeh nangka muda, terong, manisa, dan rebung. Atau bisa juga dicampur semuanya. Ini sih kalau saya.

Tambahan bahan lainnya saat akan membuat sayur lodeh adalah kacang panjang, kecambah kedelai, dan lombok ijo besar.



Cara untuk membuat 4 jenis sayuran lodeh ini sama semuanya kok, apalagi sekarang ada bumbu jadi, bikin sayur lodeh makin gampil saja kan. Hahaha...

Bagi kalian yang nggak pakai bumbu jadi, tinggal siapkan beberapa bumbu dapur berikut :
1. 3 siung Bawang putih
2. 5 siung Bawang merah
3. Kunyit 1/2 ruas ibu jari
4. 2 Kemiri
5. 2 cm Kencur
6. 1/2 sdt ketumbar

6 bahan tersebut dihaluskan sampai bener-bener halus. Biasanya saya pakai ulekan untuk menghaluskannya. Kemudian bumbu yang halus disangrai ke wajan dengan tambahan sedikit minyak goreng.

Setelah tercium bau harum artinya bumbu lodeh sudah siap ditambahkan air, biarkan hingga mendidih dan masukkan isi lodeh (nangka muda/manisa/terong/rebung, tahu, tempe, kacang panjang).



Tambahan santan, penyedap rasa dan garam secukupnya. Ini sih sesuai selera masing-masing ya. Ada yang suka banget rasa gurih tinggal tambah garam saja.


Nah...ini dia sayur lodeh saya. Sayangnya karena saya diburu waktu jadinya saya pakai bumbu lodeh jadi, santannya juga. Hahaha ...
Untuk cara masaknya sama kok... Sudah saya jelaskan di atas.


Anak dan suami lahap banget makanan apalagi sayur lodeh ini menjadi hidangan buka puasa keluarga kami.

Alhamdulillah... Untuk sahurnya tinggal diangetin lagi, karena sayur lodeh semakin diangetin semakin terasa nikmatnya. Hehehe...



Kira-kira besok saya sempat masak lagi nggak ya saat buka puasa? Hmmm... Kalau males masak tinggal cari tempat favorit untuk mencari menu buka puasa di Menganti Gresik bersama keluarga.

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Sayur lodeh enak, apalagi dimakan dengan ikan goreng dan sambal terasi. Mantap deh haha.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)